LPPM UMBANDUNG
EXPO Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Bandung

Sebagai acara puncak dari pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bandung Semester Genap Tahun 2020/2021 yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, UMBandung melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar kegiatan Expo KKN 2021 secara daring pada hari Sabtu, 09 September 2021. Acara Expo KKN ini dihadiri oleh Rektor UMBandung, Unsur pimpinan UMBandung, Kepala Wilayah BKKBN Jawa Barat, Ketua MCCC Jawa Barat, Camat Margaasih yang diwakili oleh Sekretaris Camat Margaasih, Para Kepala Desa di lingkungan Kecamatan Margaasih, Tim Monev KKN UMBandung, DPL KKN UMBandung,  civitas academika UMBandung dan para tamu lain. 

KKN UMBandung tahun 2021 mengusung tema “Penguatan Sumber Daya Lokal Menuju Desa Mandiri sebagai Upaya menangani Dampak Covid 19”, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung, BKKBN Provinsi Jawa Barat, dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

Acara ini diawali dengan pembacaan laporan KKN UMBandung oleh Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin,M.S selaku kepala LPPM UMBandung, dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU selaku Rektor UMBandung, penyerahan laporan kegiatan KKN dan luaran yang dihasilkan mahasiswa KKN berupa publikasi di jurnal pengabdian oleh Bapak Alghif Aruni Nur Rukman, SP.,MSi. selaku Sekretaris Pelaksana KKN, penyerahan luaran yang dihasilkan mahasiswa KKN berupa sertifikat Hak Cipta oleh Bapak Reza Fikri Alfatah, SP., M.Sc selaku Koordinator Bidang Diseminasi dan Informasi Pusat-KI UMBandung. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video kegiatan mahasiswa KKN, kesan dan pesan dari para Kepala Desa Lagadar, Nanjung, Margaasih, Cigondewah Hilir, Rahayu dan Mekarrahayu, yang diwakili oleh Kepala Desa Rahayu Bapak H.Dadang Suryana, Sekretaris Camat Margasih Bapak Ahmad Rivai, SSos., MM., DPL KKN, serta mahasiswa peserta KKN UMBandung semester genap 2020/2021.

Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin,M.S selaku Kepala LPPM UMBandung dalam laporannya menyampaikan ucapan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan KKN tahun 2021.

“Syukur Alhamdulillah kegiatan KKN UMBandung semester genap 2020/2021 yang terdiri dari KKN Reguler, KKN Tematik, dan KKN Nasional Perserikatan Muhammadiyah (KKN MAS) telah dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus – 13 September 2021 di Kecamatan Margaasih (Kabupaten Bandung) dan di Lombok (Nusa Tenggara Barat) telah berlangsung dengan baik” ujarnya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin,M.S mengatakan peran masyarakat di lingkungan kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung yaitu Desa Lagadar, Nanjung, Cigondewah Hilir, Rahayu, Mekar Rahayu, Margaasih, serta 6 Desa yang tersebar di Lombok Barat dan Lombok Utara, Provinsi NTB yang menjadi lokasi KKN MAS telah ikut serta secara aktif membantu proses pembelajaran timbal balik antara mahasiswa dan masyarakat sehingga diharapkan berkembangnya soft skill mahasiswa ditengah masyarakat dalam kepekaan penghayatan kemanusiaan, pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat, kemampuan berbagi pengetahuan dan pengalaman pengabdian, pengembangan dan penemuan-penemuan baru, serta kemampuan kepemimpinan kewirausahaan dan kerjasama.

Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU selaku Rektor UMBandung secara khusus menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terkait. Beliau melanjutkan KKN yang dilakukan kali ini membuktikan bahwa UMBandung dapat menyelenggarakan suatu pendekatan lintas keilmuan untuk menghasilkan satu hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hasil dan luaran yang didapatkan dari KKN ini adalah karya-karya intelektual mahasiswa berupa 11 artikel publikasi di jurnal pengabdian serta 4 buah Hak Cipta yang telah terbit sertifikat Hak ciptanya berupa buku dan alat peraga yang nantinya akan disumbangkan ke pihak Kecamatan agar dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin.

Harapan kita bersama kegiatan KKN ini bisa terus berlanjut melalui pembinaan dan kerjasama secara berkesinambungan dan lebih erat lagi. Karena Desa Lagadar, Nanjung, Cigondewah Hilir, Rahayu, Mekar Rahayu dan Kecamatan Margaasih pada umumnya merupakan rumah kedua bagi Mahasiswa UMBandung khususnya dan UMBandung pada umumnya.

--------------------------------------------------------------

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Muhammadiyah Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.