LPPM UMBANDUNG
Terus Berinovasi, Mahasiswa dan Dosen UMBandung Terima Sertifikat HKI

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Bertempat di selasar lobi utama UMBandung, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMBandung menggelar kegiatan penyerahan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada dosen dan mahasiswa atas sejumlah karya yang telah dihasilkan, Kamis (02/12/2021).

Ketua LPPM UMBandung Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, M.S. mengatakan bahwa dosen dan mahasiswa yang sudah mendapat sertifikat HKI, mereka akan dibantu dari menyusun sampai membuat berkas-berkasnya.

”Insyaallah mereka akan kita fasilitasi, termasuk biaya pendaftarannya. Jadi, mahasisa (dan dosen) yang punya hak kekayaan intelektual itu terima bersih saja, gitu istilahnya,” kata Prof. Ellyza.

Prof. Ellya berharap ke depannya semakin banyak sivitas akademika UMBandung membuat karya-karya ilmiah yang merupakan kekayaan intelektual yang nantinya istilahnya itu dipagari atau dijaga.

”Kalau itu memang memungkinkan, kita akan kawal sampai menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan. Akan kita kawal sebagai bukti bahwa itu adalah benar-benar milik mereka,” ucapnya.

Apt. Fauzia Ningrum Syaputri, M.Farm., dosen Prodi Farmasi salah satu penerima sertifikat HKI, bersyukur atas diterimanya sertifikat HKI tersebut.

Menurutnya, itu adalah salah satu capaian luar biasa bagi dirinya sebagai seorang dosen yang sudah terpenuhi.

”Alhamdulillah merasa sangat bersyukur ya akhirnya salah satu capaian sebagai seorang dosen untuk mendapatkan HKI alhamdulillah dapat tercapai. Oleh karena itu, sebagai seorang dosen, kita harus menulis ya, baik itu buku, modul, artikel-artikel ilmiah, dan sebagainya,” ucap Fauzia.

Fauzia dan rekan dosen lainnya, yakni Apt. Rizki Dwi Larasati, M.S.Farm., berhasil menyusun modul berjudul “Modul Praktikum Farmasetika Dasar”.

”Karena saya menulis modul ini supaya bermanfaat bagi banyak orang. Jadi, pengetahuan yang kita miliki kemudian kita tuangkan ke dalam bentuk tulisan sehingga ketika dibaca orang lain bisa bermanfaat. Insyaallah juga ini bisa jadi amal jariah kita,” ucapnya.

Fauzia dan Rizki Dwi berharap ke depannya semoga mereka dan rekan-rekan yang membantu dalam penulisan modul tersebut bisa terus dapat berkarya lagi.

”Mudah-mudahan juga ya dari modul ini kita bisa menulis buku, insyaallah,” pungkas Fauzia.

Di samping Apt. Fauzia Ningrum Syaputri, M.Farm. dan Apt. Rizki Dwi Larasati, M.S.Farm., ada penerima sertifikat HKI lainnya, di antaranya Fina Oktoviani & Fitri Sulastri (hak cipta alat peraga); Ani Handriyani (hak cipta alat peraga); Risnawati (hak cipta lagu [musik dengan teks]); Dr. Drs. Ia Kurnia, M.Pd. (hak cipta buku); Muhammad Fauzi, S.P., M.P., Nisa Ihsani, S.Si., M.Si., dan Nelis Hemahadini, S.Si., M.Si. (hak cipta modul); Dr. Hendar Riyadi, M.Ag. (hak cipta buku); dan Imanda Tsabita Madhani (hak cipta buku [tiga judul]).’

Acara penyerahan sertifikat ini berlangsung tertib, hikmat, dan taat protokol kesehatan. Hadir memberikan sambutan Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. (feri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.