Permohonan Kekayaan Intelektual Internal Universitas Muhammadiyah Bandung

Pengelolaan permohonan Kekayaan Intelektual (KI) Universitas Muhammadiyah Bandung yang berada di bawah Pusat Hak Kekayaan Intelektual, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Bandung. 

Fasilitas layanan yang disediakan antara lain:

  • Permohonan Kekayaan Intelektual dengan kepemilikan Universitas Muhammadiyah Bandung ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
  • Pendampingan tata cara permohonan KI (Paten, Hak Cipta, Merek, dan Desain Industri)
  • Konsultasi permohonan KI (Paten, Hak Cipta, Merek, dan Desain Industri)
  • Analisis potensi KI hasil penelitian sivitas akademika di lingkungan UMBandung
  • Workshop, sosialisasi, pelatihan KI

Apabila bukan termasuk pemohon kekayaan intelektual dari internal UMBandung, silahkan membuka laman permohonan kekayaan intelektual umum pada halaman utama Pusat HKI UMBandung

Kembali ke Laman Utama
Hak Cipta

Hak Cipta merupakan salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup objek dilindungi paling luas, karena mencakup ilmu pengetahuan, seni dan sastra (art and literary) yang di dalamnya mencakup pula program komputer. Perkembangan ekonomi kreatif yang menjadi salah satu andalan Indonesia dan berbagai negara dan berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan adanya pembaruan Undang-Undang Hak Cipta, mengingat Hak Cipta menjadi basis terpenting dari ekonomi kreatif nasional. Dengan Undang-Undang Hak Cipta yang memenuhi unsur pelindungan dan pengembangan ekonomi kreatif ini maka diharapkan kontribusi sektor Hak Cipta dan Hak Terkait bagi perekonomian negara dapat lebih optimal.

Pencatatan Hak Cipta
Patent

Paten adalah hak eksklusif inventor atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya.

Permohonan Paten
Desain Industri

Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Permohonan Desain Industri
Merek

Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Permohonan Merek