Permohonan Pencatatan hak cipta
Identifikasi Objek Ciptaan
Melakukan identifikasi jenis ciptaan akan mempermudah pemohon/pencipta dalam proses pencatatan Hak Cipta. Dalam melakukan identifikasi, Pemohon dapat mengklasifikasi1 jenis ciptaannya yang dapat dilihat dalam tabel berikut :
Anda dapat mengunduh tabel jenis ciptaan : unduh disini
Mempersiapkan Berkas Permohonan
Adapun beberapa formulir yang harus diisi oleh pemohon adalah :
a. Formulir permohonan pencatatan ciptaan.

Formulir permohonan pencatatan ciptaan dicetak menggunakan kertas berukuran F4, dan ditandatangani oleh Ketua Pencipta. Dengan uraian ciptaan diletakan pada halaman berikutnya dilampiri dengan foto copy KTP seluruh pencipta yang bersangkutan.

b. Surat pengalihan hak.

Surat Pengalihan Hak menggunakan meterai Rp. 10.000 dan ditempel pada kolom tanda tangan pencipta. Apabila pencipta lebih dari satu maka cukup diberi meterai Rp. 10.000 pada pencipta dengan urutan pertama, dilanjutkan dengan tanda tangan seluruh pencipta tanpa ditempel meterai.

c. Surat pernyataan ciptaan.

Surat pernyataan ciptaan dicetak satu lembar diberi meterai Rp. 10.000, dan yang menandatangani berkas ini adalah Ketua Pusat Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Bandung.

d. Formulir alamat pencipta

Form alamat pencipta dapat diisi sesuai dengan KTP masing-masing pencipta atau dapat disesuaikan dengan tempat tinggal pencipta, harap diperhatikan bahwa alamat ini akan tampil pada Surat Pencatatan Ciptaan dan tidak dapat dilakukan penggantian apabila sudah tercatat.

e. Mempersiapkan bukti ciptaan

Bukti ciptaan dapat dibuat dalam bentuk softcopy berformat PDF. Untuk bukti ciptaan seperti Video atau yang sejenisnya dapat mengumpulkan bukti berupa potongan-potongan gambar adegan minimal 20 potongan gambar kemudian dimasukkan ke dalam MsWord dan dikonversi dalam bentuk PDF. Lampiran ciptaan secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut :

Penyerahan Berkas Perohonan Pencatatan
Seluruh surat dan form berkas permohonan pencatatan hak cipta dicetak, diberi meterai (pada kolom yang membutuhkan), dan ditandatangani oleh pencipta (pada kolom yang membutuhkan). Dokumen yang sudah siap, diserahkan ke ruang LPPM UMBandung untuk ditanda tangani oleh perwakilan Pusat HKI UMbandung. 

Pengumpulan berkas, untuk ditanda tangani perwakilan Pusat- HKI UMbandung dilakukan setiap hari senin- jum’at 09.00-16.00 dan Sabtu 09.00-12.00. Informasi mengenai dokumen yang akan ditanda tangani oleh perwakilan Pusat HKI UMBandung dapat menghubungi kontak Whatss App yang ada di kolom bawah laman ini. 

Pembayaran Permohonan Hak Cipta
Pembayaran dapat dilakukan melaui Bank BNI dengan nomor rekening: 1464788472, atas nama: Reza Fikri Alfatah. Sesuai dengan biaya permohonanan DJKI, setiap Permohonan Pencatatan Ciptaan dikenakan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sejumlah Rp. 200.000,-. Sedangkan Permohonan Pencatatan Ciptaan berupa Program Komputer dikenakan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sejumlah Rp. 300.000,-
Unggah Berkas Perohonan Pencatatan
Seluruh surat dan form berkas permohonan pencatatan hak cipta yang telah dicetak, diberi meterai (pada kolom yang membutuhkan), dan ditandatangani kemudian dipindai / scan dengan format PDF. Formulir alamat pencipta wajib menyertakan versi MsWord (.docx/tanpa tanda tangan). Berkas-berkas permohonan (dalam bentuk PDF dan Word) diajukan dan diunggah melalui laman berikut:
Unggah Berkas
"Hanya dapat dilakukan pada pemohon yang sudah masuk pada e-mail umbandung.ac.id"
Pusat- HKI UMbandung akan mengunggah berkas Hak Cipta ke DJKI oleh Pusat HKI UMBandung setiap hari senin- jum’at dari pukul 09.00-13.00. Apabila dokumen yang diunggah pada laman melebihi waktu tersebut, proses unggah berkas hak cipta akan dilakukan pad hari berikutnya.
Penyerahan Dokumen Asli Hak Cipta
Penyerahan dokumen asli paling lambat 6 (enam) hari kerja kampus di ruang LPPM UMBandung, setelah unggah berkas secara online.

Penyerahan dokumen asli:

  1. 1. Surat Pengalihan Hak Cipta
  2. 2. Formulir permohonan pencatatan ciptaan.
  3. 3. Surat Pernyataan Ciptaan (Dokumen yang ditandatangani pencipta dan Perwakilan dari Pusat- HKI UMBandung
  4. 4. Formulir alamat pencipta
  5. 5. Berita acara serah terima bahan pustaka dari perpustakaan UMBandung (Setelah menyerahkan bukti contoh ciptaan sesuai dengan format yang dilampirkan ke Perpustakaan UMBandung Lt. 4)
  6. 6. Contoh ciptaan sesuai dengan format yang dilampirkan.

Sertifikat Hak Cipta 
Sertifikat Hak Cipta akan dikirimkan pada e-mail UMBandung pengunggah berkas di laman unggah berkas pada website setelah pemohon mengumpulkan seluruh dokumen asli di ruang LPPM UMBandung.
Kontak Person
+62 851-3265-2134